Friday, July 5, 2013

Review Laptop Acer V5-122P Mini Touch



REVIEW LAPTOP ACER V5-122P MINI TOUCH
Mencari laptop yang ringan, dengan ukuran yang ringkas? Layar sentuh dengan tampilan gambar yang memukau? Performa prosesor yang tinggi tetapi tidak boros baterai? Untuk menjawab keinginan-keinginan tadi, mungkin banyak orang berpikir mereka butuh biaya mahal. Namun, Acer menghadirkan laptop seri terbaru V5-122P Mini Touch yang memenuhi semua keinginan di atas dengan harga yang sangat fantastis yaitu Rp 5,5 juta rupiah beserta instalasi OS Windows 8 asli. Dengan layar IPS yang biasa digunakan pada laptop harga premium dan prosesor AMD quad-core seri terbaru yang hemat daya tetapi tetap powerful, mari kita simak ulasan singkat laptop Acer terbaru ini.

Desain dan Keyboard
Acer V5 memiliki bodi yang tipis tetapi tetap kokoh, dengan warna abu-abu silver yang menarik. Desain laptop ini sungguh berkelas, tidak kalah bila dibandingkan dengan laptop mini lainnya dengan harga yang jauh lebih mahal. Acer V5 memiliki dimensi 21 x 29 x 2 cm dengan berat 1,38 kg saja, salah satu laptop 11 inchi yang paling ringan sehingga mudah untuk dibawa ke mana saja. 

Keyboard V5 berjenis chiclet dengan tombol berukuran fullsize sehingga nyaman digunakan untuk mengetik lama. Keyboard V5 juga disertai dengan backlight, sehingga bisa digunakan untuk mengetik di ruangan yang gelap, misalnya di kabin pesawat terbang atau di kamar tidur. Mousepad yang terdapat pada V5 telah mendukung sapuan jari / gestures Windows 8 sehingga mengganti aplikasi yang dijalankan, memunculkan charm bar, semua dapat dilakukan dengan lancar.


Layar
Laptop V5 memiliki layar sentuh HD 11,6 inchi (29,5 cm) beresolusi 1366 x 768 piksel. Saat pertama menyalakan laptop, langsung terlihat bahwa Acer menggunakan panel layar yang berkualitas, terlihat dari cerahnya layar dan tampilan warna yang indah. Karena sudah menggunakan teknologi IPS, saat dilihat dari pinggir, tampilan layar tetap jelas dan tidak mengalami perubahan warna. Layar V5 dapat mengenali 10 jari sekaligus dengan lancar, sehingga Anda dapat merasakan semua fitur sentuhan OS Windows 8 dan berbagai aplikasi yang menggunakan layar sentuh. 

Bagaimana dengan kemampuan output grafik laptop V5? Acer menyediakan kabel konverter untuk menyambungkan V5 dengan layar atau proyektor melalui HDMI atau VGA, sehingga proyektor seri baru dan lama dapat mengenali output grafik dari V5. Laptop ini telah mendukung resolusi Full HD dan dapat menampilkan film Full HD dengan lancar saat dihubungkan ke layar 40 inchi.


Sistem Operasi, Memori, dan Prosesor
Acer V5 menggunakan prosesor AMD A6-1450 quad-core dari keluarga Temash / Elite Mobility yang baru saja diluncurkan. Prosesor AMD ini merupakan prosesor cerdas yang dapat menjalankan berbagai aplikasi sekaligus tetapi tetap hemat energi. Prosesor ini memiliki kecepatan 4x1,0 GHz, dan dilengkapi dengan teknologi Turbo yang dapat meningkatkan kecepatan prosesor menjadi 1,4 GHz saat dibutuhkan. Prosesor AMD ini memiliki kemampuan di atas Intel Atom generasi baru dan sedikit berada di bawah Intel Core i3 tetapi prosesor AMD A6 ini membutuhkan konsumsi listrik yang lebih rendah. Pekerjaan mengedit dokumen, browsing, memutar film Full HD semua dapat dilakukan dengan lancar, bahkan proses editing foto menggunakan Photoshop juga mampu dikerjakan dengan baik, selama bukan merupakan proses yang terlalu rumit. Kemampuan grafis dari Radeon HD 8280 juga mampu menjalankan game-game casual yang terdapat di Windows Store, tetapi untuk menjalankan game yang lebih berat seperti Anno 2070, setting yang digunakan harus diturunkan.

Acer V5 didukung dengan memori 6 GB DDR3, yang memastikan pekerjaan yang memakan memori besar seperti editing video dan membuka banyak tab sekaligus tidak menyebabkan laptop ini mengalami kesulitan. Acer juga menyertakan hard disk berukuran 500 GB sehingga dapat digunakan untuk menyimpan berbagai file berukuran besar, apalagi dengan layar yang berkualitas, menjadikan Acer V5 perangkat yang sangat tepat digunakan untuk menonton film dan melihat foto-foto.
Skor Windows 8 Experience Index laptop ini adalah Processor4.1 / Memory 5.4/ Graphics 4/ Gaming Graphics 5.8/ Hard disk 5.9. Pengujian PC Mark 2007 menghasilkan 1232 poin, termasuk suatu hasil yang baik pada kelasnya.

Konektivitas
Laptop Acer V5 dilengkapi dengan WiFi jaringan 802.11 b/g/n yang memastikan koneksi data nirkabel berkecepatan tinggi. V5 juga dilengkapi Bluetooth versi 4.0 dengan kemampuan transfer data yang lebih baik dengan konsumsi daya yang lebih rendah dibanding versi sebelumnya. Laptop ini dapat mengenali mouse wireless bluetooth Logitech dan headset Motorola tanpa masalah. Terdapat juga dua buah port USB, salah satunya sudah merupakan USB versi 3.0 yang dapat mentransfer file ukuran besar dalam waktu singkat.

Baterai
Acer menggunakan baterai 3000 Wh yang dikombinasikan dengan prosesor hemat energi dapat menjalankan laptop untuk waktu yang cukup lama. Saat laptop digunakan untuk browsing dan sesekali mengetik, V5 dapat digunakan selama 4 jam 10 menit, sementara untuk memutar video dengan WiFi dimatikan, laptop ini dapat digunakan selama 5 jam, suatu angka yang baik mengingat bobotnya yang sangat ringan.


Fitur Tambahan
Berbagai fitur tambahan juga dibenamkan Acer untuk melengkapi kinerja laptop ini:

  • Kamera depan HD (1280 x 720 piksel) untuk video chatting
  • Speaker yang menghasilkan kualitas suara baik untuk kategori laptop portabel
  • Charger yang sangat ringan (200 gram) sehingga menambah portabilitas laptop ini
  • SD Card reader telah tersedia


Harga dan Kesimpulan
Laptop Acer V5 Mini Touch merupakan laptop yang ringkas, ringan, bertenaga, dan cukup hemat baterai. Penggunaan desain premium dan layar touch screen IPS berkualitas menjadi poin lebih dari laptop portabel ini. Laptop ini sangat cocok untuk siapa saja yang mencari laptop portabel yang berkelas dengan harga terjangkau. Pantauan Dokter-Acer bulan Juli 2013, V5 Mini Touch dijual di kisaran Rp 5,4 – 5,7 juta dengan OS Windows 8 yang telah terinstall. Pada kisaran harga di bawah 6 juta, tidak ditemukan pesaing dari laptop V5 Acer ini, sehingga benar-benar disarankan untuk dimiliki.

Nilai Akhir :


13 comments:

  1. Bagaimana dengan perbandingan dengan asus vivobook s200? yang ditenagai oleh celeron 847, bukan i3. Semsetinya setali tiga mata uang atau ada preferensi lain untuk memilih acer selain karena IPS display atau memori 6 gb?

    ReplyDelete
  2. Halo sedar, betul sekali, saingan dari segi harga dan ukuran layar terdekat dari Acer V5-122P adalah Asus S200. Processor Celeron 847 dan A6-1450 menunjukkan hasil benchmark single thread yang mirip, tetapi AMD lebih unggul untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus, dan memiliki TDP yang lebih rendah (lebih hemat energi). Tetapi baik Celeron maupun AMD performanya tidak akan berbeda jauh. Yang menjadi masalah adalah graphic card Celeron yang sudah cukup tua, beberapa benchmark grafik yang baru tidak dapat dijalankan oleh graphic card integrated intel HD tersebut.

    Tentu bukan berarti Radeon dalam A6 dapat memainkan game-game berat seperti Skyrim atau Batman terbaru ya... Tetapi untuk memainkan game-game yang cukup rumit di windows playstore, memang lebih disarankan untuk memilih Acer V5 ini.

    Betul bahwa keunggulan Acer yang utama adalah layar IPSnya, sedar dapat melihat sendiri di toko atau pameran yang memiliki demo unit Acer V5-122P, layar yang digunakan memang bagus, sementara Asus belum menggunakan IPS display. Namun perbedaan lainnya adalah jumlah USB port Acer V5 adalah 2 buah, sedangkan S200 memiliki 3 buah USB port.

    Selamat menentukan pilihan...

    ReplyDelete
  3. Bisa ga ini jalankan program Corel atau autocad

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Peace Andra, laptop ini berprosesor AMD A6-1450 dan ber-GPU Radeon 8250 yang cukup mampu untuk menjalankan program Corel atau Autocad, selama jenis pekerjaannya tidak terlalu rumit. Meskipun prosesor Acer V5 sudah quad-core, performanya masih terletak di antara Intel Atom dan Intel Core i3.

      Delete
  4. Halo dok,, mau nanya?? Kalo v5 mini 122p bisa main game sims 3 tidak y dok??

    ReplyDelete
  5. Halo Erik Chandra, laptop ini bisa memainkan The Sims 3 dengan lancar (resolusi 1280x1024). Beberapa setting efek grafis juga dapat ditampilkan dengan baik. Tetapi perlu diingat bahwa Acer V5 tidak memiliki DVD drive, sehingga Anda harus menggunakan DVD drive eksternal yang terhubung melalui USB untuk instalasi program The Sims 3.

    ReplyDelete
  6. Hallo dok, mntap reviewnya. Mau nnya donk, tipe sejenis ini yg berprosessor intel i3 or i5 ada ga ya? Kira2 merk apa? Trims :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Donna Pradana, untuk tipe sejenis ini, berarti dengan layar 11 inci dengan touchscreen, Anda bisa melihat Acer Aspire P3-131 atau Lenovo IdeaPad Yoga 11-6445 keduanya dengan Intel Core i3-3229Y. Untuk yang lebih premium dengan harga di atas Rp10 juta, mungkin Sony VAIO Tap 11 Touch SVT11215 dengan prosesor Core i5-4210Y dapat menjadi pilihan

      Delete
  7. halo dok, saya mau tanya jika untuk sambung ke proyektor yg pada umumnya ntbook ini bgaimna? apakah hrus mnggunakan sambungan lg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Dea, untuk menampilkan isi layar pada display eksternal, diperlukan konverter dari output Display Port pada laptop menjadi VGA (yang bentuknya trapesium) atau menjadi HDMI (yang ditemukan pada layar LCD monitor atau proyektor produksi lebih baru)...

      Delete
  8. Kami Hadir Untuk Anda. Spesial Harga Promo Terbaru & Mudah,Aman Dan Terpercaya Di Alpha Shop : Produk yang Kami Tawarkan Semuanya Asli Original,HP,Laptop,Camera, Dll.
    Hub/Sms/ Hotline; 0857-31125055
    Ready Stock ! Samsung Galaxy J2 Prime Rp.1.000.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy J7 Pro Rp.2.000.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy A8 Rp.3.500.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S9 64GB Rp.6.000.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S8 Plus 64GB Rp. 5.000.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy A8 Star Rp.5.000.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S7 Rp.2.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Note Edge 32GB/3GB Rp1.500.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy J2 Core Rp 500.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy J5 Prime Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy J3 Pro Rp. 1.000.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy J7 Prime Rp. 1.500.000
    Ready Stock ! Vivo Y8 1 Rp.1.500.000,-
    Ready Stock ! Vivo Y8 3 Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Vivo Y7 1 Rp.1.000.000,-
    Ready Stock ! Vivo V7 Plus Rp. 1.700.000.
    Ready Stock ! Vivo V7 Rp. 1.500.000,-
    Ready Stock ! Vivo V5 Plus Rp. 1.500.000,-
    Ready Stock ! Vivo Y69 Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Vivo 9 Smartphone 64GB/4GB Rp.2.000.000
    Ready Stock ! Iphone 4S 64GB Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Iphone 5S Rp 2.000.000,-
    Ready Stock ! Iphone 6 64GB Rp 6.000.000,-
    Ready Stock ! Iphone 8 Plus 256GB Rp 10.000.000
    Ready Stock ! Iphone X 64GB Rp.12.000.000,-
    Ready Stock ! Iphone 7 Plus 32GB Rp.9.000.000,-
    Ready Stock ! Iphone 3GS 32GB Rp. 1.000.000,-
    Ready Stock ! Acer Aspire E5-476G Rp 4.000.000,
    Ready Stock ! Acer Aspire E S1-432 Rp.2.500.000,
    Ready Stock ! Acer Aspire ONE 72 Rp. 1.500.000,-
    Ready Stock ! Acer Aspire E S1-132 Rp 1.500.000
    Ready Stock ! Acer Aspire E1-471-3234 Rp3.000.000,-
    Cara Order Online Silahkan.
    Isi Forum Pemesanan :
    - Nama Lengkap.
    - Alamat Lengkap.
    - No. Tlpn/HP
    - Kode Pos Daerah Anda.
    - Type Barang.
    - Warna Barang.
    - Jumlah Pesanan.
    Kirim Melalui Via SMS; 0857-3112-5055

    ReplyDelete