Friday, January 15, 2016

Review Smartphone Acer Liquid Z320: Anak Senang, Orang Tua Tenang

Wah, apa pula ini? Unik sekali promosi smartphone Acer keluaran terbaru kali ini. Kita sudah sering mendengar smartphone untuk penggemar selfie, untuk petualang yang tahan air, atau untuk para gamer. Acer Liquid Z320 diluncurkan dengan tagline “Anak Senang, Orang Tua Tenang”, dengan harga yang ramah di kantong orang tua pula, yaitu Rp 1 juta saja. Nah biar tidak penasaran dengan smartphone ini, mari simak ulasannya.




Smartphone pengaruh baik atau buruk?

Cukup sulit untuk menjawab pertanyaan di atas, karena sama seperti kemajuan teknologi lainnya, penggunaan smartphone memiliki dampak baik dan buruk sekaligus pada perkembangan anak. Pengaruh buruk, misalnya terjadi kalau anak terus menerus bermain game sampai lupa waktu, atau menelusuri situs-situs web yang negatif. Tapi jangan lupakan juga pengaruh positif dari smartphone, misalnya sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan keluarga dan teman, membuka website untuk memperkaya pengetahuan, mengasah kemampuan fotografi, maupun menikmati musik, tidak jarang pula game-game yang mendidik. Nah bagaimana kita dapat memetik manfaat positif tapi mencegah pengaruh negatif dari smartphone tersebut?

Solusinya: Acer Kids Center

Salah satu fitur andalan dari Acer Liquid Z320 adalah Acer Kids Center. Aplikasi ini, sesuai dengan namanya, adalah software yang dikembangkan Acer untuk memberikan rasa tenang pada diri orang tua saat anak menggunakan smartphone. Bagaimana cara kerjanya?


Dengan Acer Kids Center, para orang tua bisa memastikan amannya aktivitas anak saat berselancar di dunia maya, dengan hanya mengizinkan situs web yang sesuai dengan usianya. Acer Kids Center juga memiliki konten multimedia seperti musik, video, kartun, dan permainan yang mendidik dan tentunya menyenangkan bagi anak. Anak-anak juga dapat belajar mengenai bagian tubuh, aneka warna, kekayaan lagu-lagu Indonesia, permainan musik, serta ribuan aplikasi lainnya yang telah diseleksi Acer. Acer juga berjanji akan meng-update Acer Kids Center ini sehingga selalu menyediakan konten baru yang menyenangkan bagi anak dan orang tua. Bentuk parental control lainnya adalah Acer Kids Center juga akan membatasi anak dalam membeli aplikasi baru tanpa seizin orang tua mereka.   


Layar IPS mendukung Orang Tua Mendampingi Anak

Nah, salah satu cara untuk memastikan anak dapat menggunakan smartphone untuk tujuan positif adalah perlunya pendampingan orang tua. Untung saja, Acer Liquid Z320 telah memiliki layar dengan panel IPS atau In-Plane Switching. Penggunaan panel ini menjadikan layar Liquid Z320 memiliki sudut pandang yang ekstra lebar sehingga orang tua dan anak dapat duduk berdampingan menikmati konten smartphone tanpa mengalami melihat layar yang kehilangan kecerahannya saat dilihat dari samping. Nah berikut ini beberapa ide orang tua dapat menggunakan Liquid Z320 bersama-sama anak mereka:

  1. Tonton video edukatif tentang alam, musik, binatang, dan ilmu pengetahuan lain
  2. Memasak bersama menggunakan resep-resep dan video online
  3. Belajar berhitung, warna, angka menggunakan aplikasi matematika
  4. Menggambar dan mewarnai bersama
  5. Bermain musik menggunakan piano virtual
  6. Menggunakan kamera depan untuk video calling dengan kakek nenek dan saudara lain   




Ukuran Layar 4,5 Inci yang Pas dalam Genggaman Anak

Ukuran layar juga berpengaruh terhadap kenyamanan anak memegang smartphone. Coba saja memberikan anak smartphone berukuran 5,5 inci atau lebih, tentunya akan tidak sesuai dengan tangan anak yang pastinya lebih kecil dari orang dewasa. Dengan layar Acer Liquid Z320 yang memiliki diagonal 4,5 inci (dengan resolusi 480 x 854 piksel), smartphone ini nyaman digenggam oleh anak-anak tetapi tidak kekecilan juga untuk orang dewasa. Layar Acer juga memiliki teknologi Blue Light Shield yang meminimalisir pancaran cahaya biru dari layar yang menyebabkan mata anak (dan mata orang tua juga) menjadi lelah.  Bobot Liquid Z320 yang ringan, yaitu 142 gram, juga akan membuat anak tidak kelelahan saat memegang smartphone ini.

Prosesor Qualcomm Quad-core yang Bertenaga


Acer Liquid Z320 meskipun berharga terjangkau, ternyata telah memiliki dapur pacu yang setingkat diatas smartphone lain di kisaran Rp 1 juta-an. Penggunaan prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon 210 dengan kecepatan 4 x 1.1 GHz dan RAM 1 GB memastikan Liquid Z320 lancar saat dioperasikan sehari-hari maupun saat membuka beberapa aplikasi sekaligus. Pengolah grafis/GPU Adreno 304 yang digunakan juga membuat Liquid Z320 dapat memainkan aplikasi game yang cukup rumit dengan lancar. Yang penting juga, kombinasi prosesor dan GPU ini hemat energi dan tidak membuat smartphone menjadi panas saat dipacu. Dari segi operating systemnya, Liquid Z320 sudah menggunakan OS Android 5.1.1 yang menghadirkan segala keunggulan OS Android seperti notifikasi yang lebih teratur, kemampuan multi-user dalam satu perangkat, dan manajemen penghematan daya yang lebih canggih.


Kamera dan Speaker Berkualitas



Saat membalik smartphone ini, akan terlihat kamera yang didampingi lampu LED flash pada sisi atas dan lingkaran speaker pada sisi bawah. Tidak seperti pada beberapa smartphone lain, kamera Acer Liquid Z320 tidak menonjol dari bodi smartphone, sehingga memberikan tampilan yang elegan. Kamera Liquid Z320 memiliki resolusi 5 megapiksel dan telah dilengkapi dengan fitur autofocus untuk memastikan objek jarak dekat dan jauh tampak tajam. Mau foto-foto makanan atau objek makro berjarak dekat? Semua bisa dilakukan dengan mudah, apalagi Acer memiliki software kamera yang lengkap dengan beberapa setting pengaturan yang menjadikan foto-foto tampak lebih menari. Favorit saya adalah Gourmet Mode, yang menjadikan objek makanan lebih kontras dan berwarna menarik, tetapi masih terlihat natural. Acer Liquid Z320 juga memiliki kamera depan yang sudah mendukung resolusi 2 megapiksel, cocok sekali digunakan untuk berfoto bersama orang tua dan anak. Sudut pandang kamera depan juga termasuk lebar sehingga dapat menangkap pemandangan dengan lebih luas dibanding smartphone lain.



Bagaimana dengan speaker smartphone ini? Di sebelah atas speaker tertera logo dts, dan ukuran speaker yang lumayan besar sepertinya menunjukkan kalau Acer sangat ingin menonjolkan kualitas suara dari Z320 ini. Ternyata saat dicoba untuk memutar lagu, speaker ini menunjukkan kebolehannya mengeluarkan nada-nada yang jelas dan cukup bulat, tidak pecah dan tidak terdistorsi. Suara bass yang cukup rendah juga dapat dikeluarkan dengan baik, ternyata tidak percuma Acer bekerja sama dengan dts dalam urusan speaker ini. Terdapat juga software pengaturan suara DTS Studio Sound yang memberikan kesempatan pengguna mengatur treble, bass, dan equalizer saat memutar musik dan video, sungguh menambah kenikmatan mendengarkan lagu melalui speaker dan headphone.    


Konektivitas Lengkap dan Baterai Tahan Lama

Untuk urusan konektivitas, Acer Liquid Z320 terbilang lengkap, dengan kemampuan dual SIM (3G dengan kecepatan sampai 42Mbps), bluetooth versi 4.0 yang hemat energi, WiFi 802.11 b/g/n, dan GPS/AGPS. Untuk masalah memperbesar kapasitas penyimpanan smartphone, terdapat pula slot kartu micro SD. Baterai Liquid Z320 berkapasitas 2000 mAh, cukup besar untuk smartphone berlayar 4,5 inci, dan memiliki waktu bicara 11 jam dan waktu stand by 480 jam. Baterai ini juga dapat dilepas oleh penggunanya, tidak menyatu dengan bodi smartphone.

Kesimpulan

Dengan harga 1 juta rupiah, Acer sukses menghadirkan smartphone dual SIM yang sarat akan fitur. Dari segi software, terdapat Acer Kids Center yang membuat orang tua merasa tenang saat memberikan smartphone pada anak mereka. DTS Studio Sound dan software kamera yang lengkap juga menambah kenikmatan menggunakan smartphone ini untuk mendengarkan lagu dan mengambil gambar. Hardware yang dihadirkan Acer juga berkualitas, mulai dari prosesor quad-core Snapdragon, layar IPS 4,5 inci, serta dual camera 5 MP dan 2 MP. Semuanya menjadikan Acer Liquid Z320 direkomendasikan untuk siapa saja.  


Kompetitor di Kisaran Harga Serupa

Untuk memudahkan Anda dalam memilih smartphone, kami telah menelusuri situs belanja online untuk mencari smartphone Android di kisaran harga 900 ribu - 1,1 juta rupiah, berikut perbandingannya dengan Liquid Z320 secara singkat, tampak Acer lebih unggul dibandingkan kompetitornya:



Asus Zenfone Go 4.5 (ZC451TG)



 Resolusi kamera depan VGA, lebih tebal dan berat, baterai lebih kecil 400 mAh










Samsung Galaxy V Plus


 Versi Android masih kuno 4.4.2 (kitkat), memiliki layar 4 inci yang lebih kecil, teknologi layar masih TFT, belum IPS, prosesor masih dual-core, RAM lebih kecil (512 MB), kamera beresolusi 3 megapixel, baterai lebih kecil 50 mAh

Lebih Lanjut Soal Keamanan Anak Menggunakan Smartphone



Selain Acer Kids Center yang berfitur lengkap, Google dan Android menyediakan beberapa langkah untuk menjaga buah hati anda berselancar di dunia internet dan menggunakan smartphone. Aplikasi YouTube, misalnya memiliki fitur Restricted Mode yang dapat diakses dari Settings > Privacy > Restricted Mode. 



Untuk menjaga agar saat anak Anda menggunakan Google Search smartphone menampilkan hasil pencarian yang sesuai usianya, Anda dapat memanfaatkan SafeSearch Filter yang dapat diakses dari aplikasi Google, tekan Settings > Accounts & privacy > SafeSearch Filter.




Pembelian aplikasi dan pembatasan aplikasi yang diinstall agar sesuai usia anak Anda juga dapat dilakukan melalui Play Store, dengan menekan Settings > Parental controls > Allow up to:





Nah selamat menjelajah smartphone bersama buah hati Anda, bila Anda memilih Acer Liquid Z320 tentu itu akan menjadi pilihan yang tepat, sesuai dengan tagline Z320 "Anak senang, orang tua tenang"


No comments:

Post a Comment