Wednesday, January 6, 2016

Review Acer Aspire Switch 12: Tablet Full HD dengan 5 Mode Penggunaan

Apa judulnya tidak salah ketik? Tidak, Aspire Switch 12 memang dipromosikan Acer sebagai tablet yang memiliki 5 mode penggunaan, berkat engselnya yang unik dan keyboarnya yang dapat dilepas. Terlepas dari kemampuan akrobatik tablet tersebut, terdapat suatu tablet yang memiliki fitur lengkap dan layar menawan, mari simak ulasan Acer Aspire Switch 12 kali ini... 


Lima Mode Penggunaan

Aspire Switch memiliki lima mode penggunaan, yaitu notebook, pad/tablet, display, tent, dan desktop. Fungsi yang paling sering digunakan tentu saja sebagai notebook dan tablet, dengan mode desktop berfungsi layaknya komputer desktop berkat keyboard Switch 12 yang bisa dilepas. Namun mode tent dan display berguna juga saat menggunakan Switch 12 di tempat yang terbatas, misalnya saat dalam kabin pesawat, atau saat menggunakan tablet ini untuk menggambar.


Desain dan Layar 

Acer Aspire Switch 12 termasuk ringan mengingat layar yang dimilikinya lebih luas dibanding tablet pada umumnya yang berukuran 10 inci. Berat tablet Switch 12 adalah 1,1 kg, dengan keyboard yang sudah disertakan memiliki berat sekitar 300 gram. Konstruksi tablet ini tampak baik, dengan komponen yang tidak terkesan tipis, dan engsel yang stabil. 


Keyboard yang digunakan adalah tipe chiclet dengan tidak menyertakan touchpad, tetapi sebagai gantinya Acer memberikan pointing stick seperti yang biasa dijumpai pada laptop Lenovo Thinkpad atau laptop seri bisnis lainnya. Pointing stick Switch 12 terbukti responsif dan mempermudah navigasi, selain kita dapat menggunakan layar sentuh dan mouse eksternal tentunya. 



Sesuai dengan namanya, Aspire Switch 12 memiliki layar sentuh berukuran 12,5 inci. Layar yang digunakan tampak sangat baik dengan kontras tinggi dan reproduksi warna yang mengesankan. Sudut pandang dari Switch 12 juga tergolong lebar karena panel yang digunakan sudah bertipe IPS (in-plane switching). Resolusi full HD atau 1920 x 1080 piksel yang tinggi membuat konten multimedia dapat ditampilkan dengan tajam, suatu fitur yang jarang dijumpai pada tablet/laptop di kisaran harga ini.


Layar yang baik tentu memerlukan proteksi dari goresan yang baik pula, untuk urusan perlindungan layar, Acer menggunakan Corning Gorilla Glass yang membantu mencegah layar tergores. Selain itu, disertakan juga sleeve case untuk melindungi tablet ini.

Performa Komputasi dan Grafik

Aspire Switch 12 menggunakan prosesor Intel Core M-5Y10c, prosesor generasi terbaru dari Intel yang menjanjikan performa setara Core i3 (kurang lebih) tetapi dengan konsumsi daya yang irit dan tidak menimbulkan panas berlebih. Dengan prosesor dual core berkecepatan 0,8-2.0 GHz ini, Switch 12 dapat menjalankan berbagai pekerjaan kantor dan kemampuan mengolah data dalam jumlah cukup banyak sekaligus. 



Karena menggunakan graphic card yang masih integrated, yaitu Intel HD5300, maka sebagian besar game edisi terbaru tidak dapat dijalankan dengan lancar, tetapi untuk menampilkan video Full HD, menjalankan game dari Windows Store atau game sekitar tahun 2013-2014 performanya cukup memadai selama setting details tidak diatur terlalu tinggi.

Kapasitas Hard Disk dan Memori

Untuk urusan penyimpanan data, Aspire Switch 12 menggunakan SSD berkapasitas 128 GB, walaupun ukurannya tidak sebesar hard disk, tetapi penggunaan SSD akan memberikan kita waktu tunggu lebih singkat saat membuka program atau memindahkan file. SSD juga menurunkan penggunaan daya dan lebih tahan banting untuk digunakan dalam kondisi mobilitas yang tinggi seperti pada tablet ini. Memori 4 GB yang disertakan telah menganut konfigurasi dual channel (2 x 2 GB) termasuk besar dibandingkan tablet lain yang menggunakan memori 2 GB, sehingga mendukung kerja multi-tasking dari tablet ini. Perlu diingat bahwa memori Switch 12 ini tidak dapat di upgrade lagi ke kapasitas yang lebih besar. 

Konektivitas dan Baterai

Tablet yang produktif tentu harus memiliki port yang memadai untuk menghubungkan tablet dengan perangkat lainnya. Pada Switch 12, ditemukan dua port USB, satu berukuran full size dengan kecepatan USB 2.0, dan satu berukuran micro USB berkecepatan USB 3.0. Port ini dapat diubah menjadi full size bila memiliki adapter yang sesuai, yang bisa kita temukan di kisaran harga Rp 50-150 ribu.


Selain itu, terdapat port micro HDMI untuk menampilkan isi layar ke proyektor atau display eksternal, serta memiliki slot micro SD yang memudahkan pertukaran data antara Switch 12 dengan kamera digital atau smartphone. Untuk urusan konektivitas nirkabel, selain bluetooth versi 4.0 yang hemat energi, Switch 12 juga telah mendukung WiFi pada standar 802.11 ac, tetapi tentu saja harus menggunakan router yang sesuai juga.

Penggunaan prosesor hemat energi dan baterai berkapasitas besar memungkinkan penggunaan Switch 12 digunakan selama 8 jam, angka yang baik untuk tablet berlayar di atas 10 inci. menurunkan kecerahan layar dan menonaktifkan koneksi wireless akan membuat baterai mampu bertahan sampai 10 jam.  

Kesimpulan dan Harga


Dengan harga Rp 9,9 juta, Acer Aspire Switch 12 merupakan tablet berkualitas premium dengan harga yang masuk akal. Layar IPS Full HD dan prosesor Intel Core M adalah keunggulan tablet ini, selain dari konektivitas yang beragam dan keyboard yang nyaman digunakan.  


Nilai Akhir:







Kelebihan:
  • Layar Full HD IPS yang dilindungi Corning Gorilla Glass
  • Port lengkap: USB full size, micro USB, micro HDMI, card reader
  • WiFi yang mendukung 802.11 ac
  • Prosesor Core M yang menyamai Core i3 untuk performanya
  • Baterai tahan lama
  • Keyboard, stylus, dan sleeve case disertakan dalam paket penjualan
Kekurangan:
  • Konfigurasi tablet dan keyboard tidak bisa ditutup/dilipat seperti laptop biasa
  • USB full size hanya berkecepatan 2.0, meskipun bisa menggunakan adapter micro USB to full size untuk koneksi berkecepatan USB 3.0

No comments:

Post a Comment