Friday, December 4, 2015

Review Aspire E5-552G: Laptop Gaming AMD Terjangkau

Sudah bukan rahasia lagi kalau laptop yang mampu menjalankan aneka game dengan lancar biasanya harganya jauh lebih tinggi dibanding laptop untuk kerja kantoran. Mengapa demikian? Untuk menjalankan game yang relatif baru, diperlukan graphic card yang khusus atau discrete yang lebih dari sekedar graphic card built-in (misalnya Intel HD series), disertakannya komponen in dalam laptop tentu akan membuat harganya merangkak naik. Urusan prosesor juga tidak kalah penting, karena penghitungan aneka parameter game sepenuhnya tidak bisa diserahkan pada graphic card saja. Nah, untuk Anda yang mencari laptop gaming dengan harga di bawah 8 juta, Acer menawarkan dua seri Aspire E5-552G, mari kita ulas laptop ini.


Desain dan Layar


Sesuai dengan tujuannya, Aspire E5-552G dilengkapi dengan layar yang lebar yang memanjakan para gamer. Ukuran 15,6 inci memang lebih menyenangkan untuk menjalankan game dibanding layar 14 inci. Resolusi yang digunakan sudah HD, atau 1366 x 768 piksel. Memang gambar yang disajikan akan tidak setajam panel Full HD, tetapi pada kisaran harga 8 juta, panel yang digunakan biasanya beresolusi HD. Menariknya, Acer membenamkan teknologi Blue Light Shield technology untuk seri ini, sehingga para gamer akan lebih nyaman saat bermain game, karena mengurangi pancaran sinar biru yang menyebabkan mata lelah.


Desain laptop ini juga menarik karena tidak terlalu mencolok seperti laptop yang dikhususkan untuk game saja, sehingga tidak terlalu “jreng” saat dibawa ke kantor atau ruang kuliah, dengan warna abu gelap atau merah yang terkesan premium, dan berat 2,4 kg yang standar untuk kelas laptop berlayar 15,6 inci. Keyboard yang digunakan adalah tipe chiclet yang responsif, dan sudah dilengkapi dengan number pad pada sisi kanan laptop untuk memudahkan pengguna memasukkan angka-angka dalam file excel misalnya. Keyboard Acer ini nyaman digunakan untuk mengetik dalam jangka waktu lama, meskipun tidak bisa digunakan dalam tempat gelap karena tidak dilengkapi backlight.  

Performa Komputasi dan Grafik


Acer menyediakan dua varian Aspire E5-552G ini, keduanya menggunakan kombinasi prosesor dan graphic card dari AMD. Untuk pengolah grafis, keduanya menggunakan solusi Dual Graphic AMD Radeon R8-M365DX dengan 2GB VRAM, yang merupakan graphic card kelas menengah atas. AMD Radeon ini mampu menjalankan sebagian besar game terbaru, selama resolusinya diatur pada setting HD dan detailnya tidak terlalu rumit. Untuk game yang tidak memerlukan hardware canggih seperti The Sims 4 atau FIFA, maka tingkat detail yang lebih tinggi tidak menjadi masalah. Untuk kinerjanya sendiri, graphic card pada seri FX-8800 lebih bertenaga karena memiliki total compute cores/pemroses data yang lebih banyak dibanding seri A10-8700P.

Perbedaan dari kedua seri ini juga terletak pada prosesor yang digunakannya. Seri yang lebih rendah menggunakan prosesor AMD A10-8700P, dengan clock speed 4 x 1.8-3.2 GHz, sementara seri lebih tinggi menggunakan prosesor AMD FX-8800P, dengan clock speed 4 x 2.1-3.4 GHz. Untuk masalah kemampuan komputasi, secara kasar kedua prosesor ini terletak di antara Intel Core i3 dan i5.

Kapasitas Hard Disk dan Memori

Acer sepertinya mengerti sasaran laptop ini adalah gamer yang memiliki koleksi game dan file multimedia yang berlimpah, sehingga pada Aspire E5 ini digunakan hard disk berkapasitas 1 TB. Untuk urusan memori, digunakan konfigurasi dual channel RAM, yaitu 2 x 2 GB AMD-A10  dan
2 x 4 GB pada seri AMD-FX

Fitur Tambahan dan Baterai

Prosesor AMD seri lama memang terkenal boros energi, tetapi tidak demikian dengan prosesor AMD seri baru. Sejak generasi AMD yang berdigit pertama 6, AMD telah berhasil menurunkan konsumsi daya prosesornya secara signifikan. Demikian pula pada kedua prosesor yang digunakan Aspire E5 ini (A10-8600P dan FX-8800) konsumsi dayanya relatif irit, dengan baterai yang mampu bertahan selama 5 jam saat digunakan untuk aktivitas komputasi sehari-hari. Namun perlu diingat konsumsi daya akan langsung naik saat digunakan untuk bermain game, sehingga sebaiknya menggunakan AC adapter saja saat menjalankan game.


Untuk urusan konektivitas, Aspire-E5 memiliki 3 buah port USB (dua pada kecepatan USB 3.0) dan port display HDMI dan VGA untuk menampilkan game di layar yang lebih besar. Selain itu, disertakan pula DVD-Writer dan card reader.

Kesimpulan dan Harga

Untuk para gamer yang mencari laptop terjangkau untuk keperluan gaming dan pekerjaan pengolah grafis/video, Aspire E5-552G ini dapat menjadi pilihan. Kombinasi hardware yang powerful, harddisk lega, dan layar yang nyaman di mata membuat laptop ini dapat menjadi incaran Anda. Kami menyarankan untuk memilih seri yang lebih tinggi, karena penggunaan prosesor FX-8800 yang lebih bertenaga dan RAM yang sudah 2 x 4 GB dengan perbedaan harga 800 ribu saja.

Harga Acer Aspire E5-552G (A10) 
AMD A10-8700P/GPU Radeon R8-M365DX 2GB/RAM 2x2 GB/HDD 1TB:
Rp 7.199.000

Harga Acer Aspire E5-552G (FX)
AMD FX-8800P/GPU Radeon R8-M365DX 2GB/RAM 2x4 GB/HDD 1TB
Rp 7.999.000

Nilai Akhir:






Kelebihan:
  • Kombinasi prosesor dan graphic card AMD yang bertenaga
  • HDD 1 TB pada kedua seri
  • Memori dual channel 2 x 4 GB pada seri FX-8800
  • Layar dengan Blue Light Shield yang nyaman di mata
  • Disertakan numeric pad pada keyboard
  • Baterai cukup tahan lama untuk kelas laptop gaming AMD
Kekurangan:
  • OS Windows belum disertakan
  • Resolusi layar belum Full HD (meskipun memang sulit untuk menemukan panel full HD di kisaran laptop seharga 8 juta-an)

1 comment:

  1. acer predator 21X keren http://www.ibnuwajak.id/2017/06/acer-predator-helios-300.html

    ReplyDelete